Kejahatan perbankan berbasis IT

1. Kejahatan ATM

Kejahatan ini terjadi biasanya karena adanya pengambilan dan penggunaan  informasi data kartu dan pin oleh

orang yang tidak berhak menggunakan .Kasus yang terjadi seperti berikut :

**. Ada beberapa transaksi yang terjadi ( baik itu penarikan tunai,pembelian,dll ) dari suatu nasabah , namun nasabah tidak pernah melakukan transaksi tersebut. Hal ini kemungkinan bisa terjadi dari orang dalam bank yang melakukan serangan di sistem bank tempat dia bekerja . Atau Kejahatan dilakukan dengan mendapatkan data atm melalui alat skimmer (data magnetic strip) dan kamera untuk menyadap pin nasabah. Atau nasabah dihipnotis untuk memberikan kartu dan nomor pin (personal identification number).

2. kejahatan Kartu Credit

Penggunaan kartu credit riskan ketika akan melakukan pembelian online melalui internet. Yang terjadi adalah seperti kejahata atm yaitu penggunaan kartu kredit yang tdk berhak oleh orang lain untuk melakukan transaksi2 di internet.

3. Kejahatan menyerang keamanan sistem informasi perbankan

** Denial of Service (DoS) dan Distributed DoS (DDos) attack.

** Probing dan port scanning tanpa permisi

** Pencurian account Internet

IP Man 2

Daybreakers

tugas

1. Sebutkan dan jelaskan jenis – jenis profesi yang anda ketahui ?

2. sebutkan dan jelaskan metode audit dalam informasi teknologi?

Agen
Akuntan
Analis keuangan
Broker
Distributor
Dosen FE
Konsultan bisnis
Pemilik toko
Pemilik UKM
Pengusaha
Petani
Pedagang
Peternak

Etika

cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. – Wikipedia

Etika berasal dari bahasa yunani yaitu ethos yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat kebiasaan di mana etika berhubungan erat dengan konsep individu atau kelompok sebagai alat penilai kebenaran atau evaluasi terhadap sesuatu yang telah dilakukan.

Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia

Profesionalisme (profésionalisme)

ialah sifat-sifat (kemampuan, kemahiran, cara pelaksanaan sesuatu dan lain-lain) sebagaimana yang sewajarnya terdapat pada atau dilakukan oleh seorang profesional.[1] Profesionalisme berasal daripada profesion yang bermakna berhubungan dengan profesion dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya, (KBBI, 1994). Jadi, profesionalisme adalah tingkah laku, kepakaran atau kualiti dari seseorang yang profesional (Longman, 1987)

Penggunaan Hping

Fungsi Hping:

  • Firewall testing
  • Advanced port scanning
  • Network testing, using different protocols, TOS, fragmentation
  • Manual path MTU discovery
  • Advanced traceroute, under all the supported protocols
  • Remote OS fingerprinting
  • Remote uptime guessing
  • TCP/IP stacks auditing
  • hping can also be useful to students that are learning TCP/IP.

Continued….

Cara penanganan Cybercrime

IDCERT (Indonesia Computer Emergency Response Team)[1]. Salah satu cara untuk mempermudah penanganan masalah keamanan adalah dengan membuat sebuah unit untuk melaporkan kasus keamanan. Masalah keamanan ini di luar negeri mulai  dikenali dengan munculnya “sendmail worm” (sekitar tahun 1988) yang menghentikan sistem email Internet kala itu. Kemudian dibentuk sebuah Computer Emergency Response Team (CERT)[2]. Semenjak itu di negara lain mulai juga dibentuk CERT untuk menjadi point of contact bagi orang untuk melaporkan masalah kemanan. IDCERT merupakan CERT Indonesia.

Sertifikasi perangkat security. Perangkat yang digunakan untuk menanggulangi keamanan semestinya memiliki peringkat kualitas. Perangkat yang digunakan untuk keperluan pribadi tentunya berbeda dengan perangkat yang digunakan untuk keperluan militer. Namun sampai saat ini belum ada institusi yang menangani masalah evaluasi perangkat keamanan di Indonesia. Di Korea hal ini ditangani oleh Korea Information Security Agency.

Referensi: Budi Raharjo

Nama domain (domain name) digunakan untuk mengidentifikasi perusahaan dan merek dagang. Namun banyak orang yang mencoba menarik keuntungan dengan mendaftarkan domain nama perusahaan orang lain dan kemudian berusaha menjualnya dengan harga yang lebih mahal. Pekerjaan ini mirip dengan calo karcis. Istilah yang sering digunakan adalah cybersquatting. Masalah lain adalah menggunakan nama domain saingan perusahaan untuk merugikan perusahaan lain. (Kasus: mustika-ratu.com) Kejahatan lain yang berhubungan dengan nama domain adalah membuat “domain plesetan”, yaitu domain yang mirip dengan nama domain orang lain. (Seperti kasus klikbca.com) Istilah yang digunakan saat ini adalah typosquatting.

cybersquatting

Denial of Service (DoS) dan Distributed DoS (DDos) attack

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s